-->

Sunday, June 25, 2017

Review ASUS ZenBook UX410UQ: Laptop Kekinian Para Konten Kreator

Review ASUS ZenBook UX410UQ: Laptop Kekinian Para Konten Kreator

Review ASUS ZenBook UX410UQ: Laptop Kekinian Para Konten Kreator - Tak terasa ternyata telah 1 bulan lebih saya sudah tidak memposting artikel di blog ini, karena awal bulan mei saya disibuki oleh tugas akhir kuliah saya yang mana dipenuhi oleh tugas projek dan selanjutnya saya ditemukan dengan UAS yang mana tambah banyak tugas kuliah yang saya terima, tapi alhamdulillah semua sudah berlalu dan sudah saya lakukan semaksimal mungkin, semoga nilai semester ini lebih baik dari semester sebelumnya. Saya selaku pemilik blog contentisi mengucapkan selamat lebaran, mohon maaf lahir dan batin, siapa tahu saya memiliki salah kepada kalian para pembaca blog contentisi. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kenapa 1 bulan ini saya tidak membuat konten diblog contentisi ini, kembali ke inti post.

Asus Rilis Ultrabook Premium Terbarunya Di 2017

Beberapa hari lalu akhirnya Asus resmi merilis Ultrabook Premium terbaru mereka dengan nama Asus Zenbook UX410UQ. Ultrabook ini dibanderol dengan harga kisaran Rp16 Jutaan. Mahal atau Tidak? Jujur kalau menurut saya 16 Jutaan itu mahal karena maklum saya belum kerja, tapi ketika melirik spesifikasinya secara rinci mulai dari layarnya, bodinya, grafisnya, prosessornya, dll membuat saya ingin sekali memiliki laptop ini. 16 Jutaan dapat apa saja? Silahkan disimak review dibawah ini. Oh iya gan, review ini bersumber dari 2 konten kreator Youtube Indonesia, Nerd Reviews ID & GadgetIn, karena saya tidak memiliki laptop ini untuk saya review jadi saya menulis artikel ini hanya bermodal dari pengalaman konten kreator dari youtube yang mereview secara lisan lalu saya ubah menjadi versi tertulis dengan versi saya sendiri. Jadi jika kalian ingin melihat review dari mereka bisa kalian lihat vidio diakhir artikel agar kalian bisa membedakan masing-masing review dari kami. Tapi jika kalian ingin tahu lebih lengkap mengenai review laptop ini dari 2 konten kreator tersebut kalian bisa baca artikel ini sampai selesai, karena artikel ini bersumber dari dari mereka dan tentunya tulisan ini murni buatan saya sendiri, karena saya mahasiswa IT jadi saya paham hal-hal seperti ini.

Review ASUS ZenBook UX410UQ

Desain

ASUS ZenBook UX410UQ - Desain
Berbicara mengenai desain, Asus ZenBook UX410UQ ini menggunakan bahan bermaterial alumunium sebagai lapisan bodinya mulai dari bagian atas laptop, bagian bawah laptop, hingga bagian dalam laptop (maksudnya bagian keyboard dan touchpad). Bahan alumunium ini katanya dapat mencegah terjadinya bekas sidik jari yang membekas atau menempel, tapi memang benar menurut saya karena sudah banyak produsen smartphone sekarang sudah menggunakan bahan alumunium atau metal dan ya memang tidak membekas sidik jari, namun tetap harus rutin dibersihkan demi menjaga penampilan si ZenBook UX410UQ ini biar tetap keren. Walaupun semua bodinya hampir dilapisi alumunium ZenBook UX410UQ ini memiliki berat 1,4 Kg saja! Sangat ringan sekali bukan?
ASUS ZenBook UX410UQ - Desain 01
ZenBook UX410UQ memiliki ketebalan 1,9 cm jadi sesuai dengan titlenya "Ultra Ramping" sehingga ZenBook UX410UQ ini terlihat sangat elegan sekali. Desain layarnya memiliki bazel yang tipis, untuk bazel kanan dan kiri hanya 6 mm, bazel atas hanya 12 mm dan bazel bawah hanya 21 mm, Jadi terlihat makin elegan dan kekinian Si ZenBook UX410UQ ini. Untuk bagian sisi kanan laptop terdapat LED Indikator Pengecasan & On/Off, SD Card Slot, dan 2 Buah USB Port 2.0. Lalu untuk bagian sisi kiri laptop terdapat Power Port untuk Charge Laptop, 1 Buah USB Port 3.0, HDMI Port, USB Type-C (Gen-1) Port, dan Audio Combo Jack.
ASUS ZenBook UX410UQ - Desain 02
Desain layout pada keyboard sama saja dengan kebanyakan laptop, tapi untuk mengetik menggunakan keyboard di ZenBook UX410UQ ini sangat nyaman sekali, sangat empuk sekali karena keyboard ini memiliki jarak tombol (travel distance) 1.6 mm. Tidak hanya itu saja, bagi kalian yang senang menggunakan laptop ditempat gelap jangan khawatir akan susahnya melihat huruf-huruf yang ada pada keyboard, ZenBook UX410UQ ini memiliki backlit! sehingga huruf keyboard dapat menyala. Rasanya laptop keluaran tahun 2017 tanpa backlit itu sepertoi ada yang kurang. Backlitnya memiliki 3 mode intensitas cahaya sehingga dapat disesuaikan.
ASUS ZenBook UX410UQ - Desain 03
Untuk tombol power di ZenBook UX410UQ ternyata menyatu dengan layout keyboard yang biasanya digunakan untuk keperluan mengetik, jadi berhati-hatilah saat menekan tombol Del bisa jadi nanti kalian salah tekan, karena biasanya tombol yang ada dipojok kanan atas itu ya tombol Del. Desain touchpadnya sangat bagus dan mewah menurut saya, karena area touchpad dikelilingi alumunium berwarna chrome (bisa dibilang border). Untuk varian warnanya, si ZenBook UX410UQ ini memiliki 2 varian warna yaitu Quartz Grey & Rose Gold, jadi cocok digunakan untuk kaum pria maupun wanita.

Performa

ASUS ZenBook UX410UQ - Performa
Bicara mengenai performa, ZenBook UX410UQ dibekali spesifikasi yang sangat luar biasa walaupun dari segi desainnya yang sangat tipis, sesuai yang ada pada slogannya Ultra Sleek Non-Stop Performance. ZenBook UX410UQ menggunakan processor terbaru Intel® Core™ i7 7500U 2,7 GHz, dapat diboost atau overclock hingga 3,5 GHz, dan memiliki 4M Cache pada processor ini. Processor Generasi Kaby Lake (Gen-7) dengan kecepatan 2,7 GHz sampai 3,5 GHz? Kurang kekinian apa coba laptop ini. Untuk memory atau RAM, ZenBook UX410UQ dibekali RAM sebesar 8 GB DDR4, RAM ukuran segini sudah cukup menurut saya jika kita melihat dari penggunaan mobilenya. Belum puas dengan RAM 8 GB? ZenBook UX410UQ memiliki 2 RAM slot sehingga kalian bisa menambah 8 GB lagi untuk menjadi 16 GB. Berbeda dengan laptop pada umumnya yang memiliki kecepatan RAM di 1333 MHz, RAM pada ZenBook UX410UQ ternyata memiliki kecepatan yang lebih! kecepatannya 2133 MHz! hampir 2 kali lipatnya.
ASUS ZenBook UX410UQ - Performa 01
Dan yang sangat ditunggu-tunggu pembahasannya ditiap review gadget adalah pembahasan VGA atau GPU yang digunakan oleh ZenBook UX410UQ. VGA yang digunakan oleh ZenBook UX410UQ adalah NVIDIA® GeForce® 940MX dengan kapasitas VRAM 2 GB GDDR3 dan memiliki kecepatan 1122 Mhz dapat diboost hingga 1242 Mhz. Untuk keperluan para konten kreator dengan spesifikasi segini menurut saya sudah lebih dari kata cukup, tampilannya pun sangat kekinian sekali sehingga kita pede ketika menggunakan Laptop ASUS ZenBook UX410UQ di tempat-tempat tongkrongan. Tapi jika kalian menggunakan ZenBook UX410UQ sebagai gaming? Bisa-bisa saja tapi tidak difokuskan untuk para Gamer, Asus sendiri memiliki seri ROG (Republic Of Gamer) yang mana seri ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menggunakan laptop sebagai keperluan gaming.
ASUS ZenBook UX410UQ - Performa 02
Untuk penyimpanannya ZenBook UX410UQ memiliki 2 buah drive penyimpanan dengan tipe yang berbeda, yang pertama HDD dengan kapasitas 1 TB, dan yang kedua SSD M.2 dengan kapasitas 128 GB. Menurut saya SSD M.2 dengan kapasitas 128 GB ini sudah lebih dari cukup, perlu diketahui bahwa SSD M.2 ini memiliki kecepatan lebih besar dibandingkan SSD biasa dan harganya pun lebih mahal dari SSD biasa, jadi dengan ukurannya yang hanya 128 GB, SSD M.2 ini sangat cocok sekali digunakan sebagai direktori Sistem Operasi, sehingga kinerja ZenBook UX410UQ dapat berjalan dengan sangat maksimal. HDD 1 TB sudah lebih dari cukuplah untuk menyimpan data mulai dari vidio, musik, dokumen, dan data-data lainnya.
ASUS ZenBook UX410UQ - Performa 03
Konektivitas wireless pada ZenBook UX410UQ lengkap sekali dan tentunya kekinian. Wi-Fi adapter yang digunakan ZenBook UX410UQ ini sudah menggunakan tipe terbaru yaitu Wi-Fi 802.11ac terbaru, setelah saya teliti, ternyata perbandingan antara 802.11ac dengan 802.11 b/g/n, ternyata 802.11ac ini memiliki kecepatan hampir 3 kali lebih cepat. ZenBook UX410U tidak lupa memberikan fitur Bluetooth® 4.1 yang berfungsi untuk menghubungkan laptop dengan gadget berteknologi wireless. Teknologi audio ZenBook UX410UQ menggunakan teknologi ASUS SonicMaster yang dapat memberikan kualitas suara yang bagus untuk sebuah laptop. Tidak hanya itu, teknologi audio pada ZenBook UX410UQ dibantu dikembangkan oleh tim ASUS Golden Ear dan Harman/Kardon! Sepengetahuan saya speaker yang dikembangkan oleh Harman/Kardon itu biasanya digunakan pada produk speaker earphone, home theatre, dan mobil. Jadi tidak diragunakan lagi kualitasnya jika speaker ini dipakai di ASUS ZenBook UX410UQ.
ASUS ZenBook UX410UQ - Performa 04
ASUS ZenBook UX410UQ sudah dibekali Sistem Operasi (OS) Windows 10, jadi tidak perlu memasang lagi Sistem Operasi sendiri, karena sudah disediakan resmi (lisensi original) dari Asus. Untuk pembahasan bagian dalam sudah selesai, sekarang membahas bagian luarnya. ZenBook UX410UQ dibekali layar dengan resolusi 1920x1080 (FullHD) dengan ukuran 14"inch, maka akan terlihat sangat tajam sekali karena dengan layarnya yang hanya 14"inch tapi resolusinya FHD! tidak hanya itu, layarnya menggunakan panel IPS yang mana panel ini sangat bagus sekali untuk keperluan grafis multimedia karena akurasi warnanya sangat baik dan memiliki sudut pandang yang luas sekitar 178˚ (Wide-Angle). Review ASUS ZenBook UX410UQ sudah selesai, dari review diatas akan saya ringkas point-pointnya menjadi sebuah tabel spesifikasi.

Spesifikasi Lengkap ASUS ZenBook UX410UQ

ASUS ZenBook UX410UQ
CPU (Processor)Intel® Core™ i7 7500U 2,7 GHz
(4M Cache, Boost 3,5 GHz)
GPU (VGA)
NVIDIA® GeForce® 940MX 2 GB
GDDR3 1122 Mhz (Boost 1242 Mhz)
RAM (Memory)8 GB (1 x 8 GB)
DDR4 2133 MHz
(Upgradable to 16 GB)
Resolusi (Resolution)1920x1080 (FullHD)
IPS Panel
178˚ (Wide-Viewing Angle)
Anti-Glare
72% NTSC
Penyimpanan (Storage)HDD : 1 TB 5400RPM
SSD M.2 : 128 GB
Sistem Operasi (OS)Windows 10
Port I/O2 USB 2.0
1 USB 3.0
1 USB Type-C (Gen-1)
1 HDMI
Audio Combo Jack
Konektivitas (Connectivity)802.11ac
Bluetooth 4.1 (Dual-Band)
Suara (Audio)ASUS SonicMaster Technology (Harman/Kardon)
Support Windows 10 Cortana
Kamera (Camera)HD Web Camera
Baterai (Battery)3 Cells
10 Hours
Warna (Color)Quartz Grey & Rose Gold
Harga (Price)Rp 15.599.000 - Rp 15.999.000
(25 Juni 2017)

Review ASUS ZenBook UX410UQ Dari Konten Kreator Youtube Indonesia

Nerd Reviews ID
GadgetIn

Kesimpulan ASUS ZenBook UX410UQ

Setelah saya review laptop ASUS ZenBook UX410UQ ini saya mengambil kesimpulan bahwa laptop ini tipis, ringan, elegan, powerfull dan kekinian. Kekinian ini dalam arti semua hardware dan software yang dipakai di Asus ZenBook UX410UQ ini semuanya generasi terbaru! Dilihat dari namanya saja, Asus ZenBook UX410UQ ini sudah pasti dibuat untuk keperluan para konten kreator (Content Creator), seperti Youtuber & Blogger. Dari semua yang ada pada laptop ini hanya ada 1 keluhan yang saya miliki, yaitu peletakan tombol power on/off. Peletakan tombol on/off ini terletak menyatu dengan layout keyboard, namun saya yakin jika sudah terbiasa maka keluhan ini akan hilang. Selebihnya apa yang ada pada laptop ini sangat powefull dan kekinian tentunya. Melihat spesifikasi yang digunakan, membuat saya ingin mempunyai laptop ini. Tapi melihat status saya yang masih mahasiswa tanpa pekerjaan ini rasanya sangat mustahil untuk membeli laptop ini yang dibanderol seharga 16 Jutaan.

Menurut saya dengan harganya yang segini sangat Worth It! sekali jika kita melihat spesifikasi secara rinci. Mulai dari layarnya yang menggunakan panel IPS FullHD dengan sudut pandang 178˚ (Wide-Viewing Angle) lapisannya Anti-Glare minim Bazzel, penyimpanannya terdapat SSD M.2, kartu grafis Nvidia seri 900MX yang memiliki VRAM 2 GB (NVIDIA® GeForce® 940MX 2 GB), dan yang lebih kerennya lagi processornya yang sudah menggunakan Intel generasi Kaby Lake (Intel® Core™ i7 7500U 2,7 GHz - 3,5 GHz). Belum lagi membahas teknologi wirelessnya, ZenBook UX410UQ ini sudah menggunakan adapter Wi-Fi seri 802.11ac dan Bluetooth 4.1 (Dual-Band). Pokoknya Asus ZenBook UX410UQ ini kekinian banget.

Soal port Input dan Outputnya pun lengkap mulai dari USB 3.0 sampai USB Type-C. Kecepatan RAM yang digunakan di ZenBook UX410UQ ini tidak standar seperti laptop pada umumnya, yaitu 2133 MHz dengan kapasitas 8 GB yang dapat ditambah hingga 16 GB! Kurang apalagi? Ringan? Kenceng? Tipis? Kekinian? Asus ZenBook UX410UQ mempunyai semua keinginan para konten kreator termasuk saya sebagai konten kreator di blogger ini. Sekian review mengenai Asus ZenBook UX410UQ, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian, dan Wish Me Luck! :)

Kebijakan Berkomentar

Mohon untuk membaca peraturan Kebijakan Komentar sebelum berkomentar. Kamu harus menggunakan Akun Facebook untuk berkomentar disini.
Buka Kolom Komentar

Berlangganan Melalui Email