-->

Friday, March 3, 2017

Tutorial Cara Mematikan Fitur Sticky Keys Pada Windows

Tutorial Cara Mematikan Fitur Sticky Keys Pada Windows

Tutorial Cara Mematikan Fitur Sticky Keys Pada Windows - Apakah kalian pernah bermain game di PC lalu ketika kalian menekan tombol shift terlalu banyak secara tiba-tiba keluar dari game, bisa dikatakan bukan close tapi minimize karena ada peringatan muncul diluar game. Ternyata penyebabnya ada pada fitur windows yaitu stick keys, tombol shift juga termasuk sticky keys. Kejadian ini sangat menjengkelkan sekali menurut saya, apalagi saat sedang bermain game online. Kebanyakan orang menggunakan solusi mengganti pengaturan tombolnya di dalam game tersebut, sehingga tombol shift ini tidak dibutuhkan. Perlu di ingatkan kalau tutorial ini dapat berlaku di semua versi windows.

Apa Itu Sticky Keys

Sticky Keys adalah fitur aksesibilitas khusus yang memungkinkan agan untuk mengaktifkan tombol pengubah (seperti shift) secara permanen. Maksudnya bagi mereka yang mempunyai kesulitan atau keterbatasan dalam menekan dua atau lebih tombol keyboard pada komputer. Misalnya kombinasi Ctrl+P (shortcut untuk print dokumen), Ctrl+Z (shortcut untuk undo) ataupun Ctrl+Alt+Del.

Apa Fungsi Kegunaan Sticky Keys

Fungsi kegunaan Sticky Keys untuk membuat kita dapat menghemat banyak waktu. Beberapa perintah shortcut mengharuskan untuk menekan tiga tombol keyboard secara bersamaan. Fungsinya hampir sama dengan menekan tombol Caps Lock tetapi perbedaannya bisa kita lihat pada baris atas di keyboard kita yang berupa deretan angka-angka. Misalnya jika kita menekan tombol Caps Lock ketika kita ingin mengetikan simbol @ maka yang diditampilkan di layar adalah angka 2 berbeda halnya dengan menggunakan fungsi Sticky Keys maka hasil yang ditampilkannya adalah @.

Berikut Tutorial Cara Mematikan Fitur Sticky Keys Pada Windows

1. Sebelumnya pastikan kalian perhatikan tanda pada gambar jika kurang paham atau tidak tahu letak perintah pada langkah-langkah. Sekali lagi, tutorial ini berlaku untuk semua windows, mulai dari Windows XP sampai sekarang 10. Silahkan tekan tombol shift terus-menerus untuk mengecek apakah masih aktif atau sudah dinonaktifkan.

2. Silahkan masuk ke Control Panel, supaya mudah cari saja melalui Start dengan mengetik Control Panel.
Buka Control Panel

3. Pada Control Panel, ubah mode View by Category menjadi Large icons atau Small icons dengan tujuan supaya mempermudah pencarian. Lalu cari dan pilih Ease of Access Center.
Pilih Ease Of Access Center

4. Pada Ease of Access Center, langsung saja pilih Make the keyboard easier to use.
Pilih Make The Keyboard Easier To Use

5. Lalu langsung saja hilangkan tanda ceklis pada Turn on Sticky Keys. Kemudian klik Set up Sticky Keys.
Uncheck Turn On Sticky Keys

6. Kemudian hilangkan tanda ceklis pada Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed five times. Lalu jangan lupa keluar dengan cara klik tombol Apply dan OK.
Uncheck Turn On Sticky Keys When Shift Is Pressed

7. Selesai.


Silahkan bermain game kembali tanpa harus repot dengan tombol shift lagi. Demikian artikel tutorial cara mematikan fitur sticky keys pada windows, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Kebijakan Berkomentar

Mohon untuk membaca peraturan Kebijakan Komentar sebelum berkomentar. Kamu harus menggunakan Akun Facebook untuk berkomentar disini.
Buka Kolom Komentar

Berlangganan Melalui Email